Melatih Imagination Training Untuk Membantu Kinerja Otak

 

Tahukah Anda betapa kuatnya manfaat dari ” Imagination Training ” . Dr. Shigeo Haruyama bercerita tentang apa yang dikatakan oleh kakeknya semasa ia kecil, ” Segala sesuatu yang kamu rancang dan gambarkan di dalam kepala ” Dengan cara itu Kakek mengajari Shigeo kecil saat belajar sepeda.

Tentu saja, Shigeo kecil belum pernah sekalipun naik sepeda. Semenjak ia membayangkan dapat naik sepeda dengan mulus, ia mulai mencoba naik sepeda yang sebenarnya. Pertama-tama, ia sedikit terkejut, mengapa bisa mengendarai sepeda semahir ini. Seperti sebuah keajaiban, Shigeo kecil dapat mengendarai sepeda dengan mudahnya.

Demikian juga dengan karate, bukan karena ia ingin melakukannya melainkan karena sang kakek yang menyuruhnya untuk menanamkan rasa percaya diri. Dalam praktik karate, bagaimana lawan beraksi, lalu bagaimana cara menangkis dsb, Shigeo kecil menciptakan asumsi berbagai macam keadaan lalu sambil membayangkannya sendiri, hal itu pun terjadi. Jika mengulang imajinasi itu dengan cermat, bagaimanapun beratnya pertandingan yang sesungguhnya, bagaimana gerakan lawan sebagian besar dapat dipahami. Pengalaman ini pun diterapkan saat mempelajari ilmu kedokteran.

Pertama kali Dr. Shigeo melakukan operasi usus buntu, saya dimarahi oleh senior. Bukan karena Dr. Shigeo gagal melakukan operasi tersebut, tetapi karena sesuatu yang ia sendiripun aneh mengatakannya….. karena saya terampil melakukannya. Senior saya mengatakan, ” Kamu seperti pernah melakukannya di suatu tempat “

Sungguh luar biasa kekuatan dari “Imagination Training” ini. Anda pun bisa melakukannya dan mencoba menerapkannya pada anak Anda contohnya mengajak anak Anda les Sempoa dua tangan dan menerapkan mental aritmatika. Berhitung menggunakan Sempoa dua tangan tidak hanya membantunya dalam berhitung cepat, tetapi juga peningkatan konsentrasi dan daya ingat. Setelah anak Anda mahir dalam menggunakan sempoa dua tangan, ia akan berhenti menggunakannya dan menggantinya dengan Mental Aritmatika. Di dalam metode ini, sempoa dua tangan sudah terekam jelas di imajinasi anak-anak Anda. Imajinasi positif inilah yang menjadikan anak Anda semakin luar biasa!!!